Pembelajaran daring yang diterapkan oleh guru tentu membutuhkan bahan ajar atau modul. Bahan ajar atau modul pembelajaran daring dikembangkan oleh guru yang mendukung dalam proses pembelajaran daring harus sesuai dengan perangkat RPP daring yang telah dikembangkan sebelumnya. Modul daring merupakan buku yang dibuat oleh guru yang diberikan kepada siswa. Pada kesempatan ini saya membagikan Modul Pembelajaran Daring Kelas 5 SD kurikulum 2013 Tema 6 Sub Tema 1.
Modul Pembelajaran Daring Kelas 5 SD kurikulum 2013 Tema 6 Sub Tema 1 saya susun dengan berpijak dari RPP yang mengandung unsur HOTS terintegrasi dengan TIK. Modul ini dibuat dalam file word kemudian di simpan dalam bentuk file PDF. Modul pembelajaran daring dapat digunakan oleh untuk dikirimkan kepada siswa melalui media sosial sebelum atau sesudah pembelajaran daring dimulai. Guru dapat mengirimkan modul kepada siswanya dengan menggunakan berbagai aplikasi contohnya WhatsApp grup, facebook dan lain-lain.
Tujuan guru mengirimkan modul agar siswa mempelajari bahan diberikan sehingga peserta didik memiliki pemahaman yang baik tentang suatu bahasan pembelajaran dalam proses pembelajaran daring. Sebuah modul pembelajaran daring yang baik paling tidak memiliki kriteria sebagai berikut
- Ukuran font yang digunakan harus dapat dibaca oleh siswa, Disarankan menggunakan ukuran font 12
- Jenis font yang digunakan adalah Comic Sans Ms
- Memiliki identitas satuan pendidikan.
- mencantumkan tujuan pembelajaran
- Terdapat media gambar didalamnnya
- terdapat link video youtube yang memudahkan siswa untuk dapat klik link video
- Link video harus relevan dengan materi
- Materi berasal dari buku yang relevan
- Berurutan sesuai langkah-langkah pembelajaran dalam RPP
- Sistematika penulisannya yang benar
- terdapat rangkuman
- terdapat daftar pustaka, tujuannya untuk meyakinkan pembaca bahwa materi diambil dari buku sumber yang relevan
- terdapat soal tes
- Modul dibuat dalam ekstensi file PDF sehingga peserta didik dapat membuka file ketika menggunakan perangkat android
No comments